Seputar Air

Dapatkan artikel dan tips menarik seputar air dan kesehatan untuk seluruh keluarga Anda

Garansi Bugar dari 1,5 Liter Air

leave a comment »

TIDAK hanya merupakan kebutuhan pokok, air juga mampu membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Lalu, bagaimana cara agar detoksifikasi dengan air bermanfaat maksimal?

Cerita tentang kehebatan terapi air sepertinya tak pernah habis. Inggrid Kansil misalnya, mengaku sembuh dari penyakit maag akut berkat terapi ini. Gangguan pencernaan yang diidap presenter dan bintang iklan ini jauh berkurang karena kebiasaan minum tak kurang dari 8 gelas air setiap hari.

Selama menjalani terapi, ia merasa lebih tenang setelah sempat stres berat karena keguguran anak pertama di tahun 2000. Sejak itulah hingga sekarang Inggrid tak bisa melepaskan kebiasaan atau rutinitas minum air. Ia wajib minum segelas air, sebelum tidur dan sesudah bangun.

Sadar dan ingin memperoleh manfaat maksimal, Inggrid tak mau sembarangan memilih jenis air. Ia hanya meminum air yang sudah terbukti mampu menjaga kebugaran tubuh dan pikiran. Meski air tanah di tempat tinggalnya di daerah Sentul cukup bersih, ia memilih konsumsi air mineral alami dalam kemasan. Alasannya, ia ingin memastikan air yang diminumnya bebas polusi.

Dr. Sukarliono, yang mengembangkan metode pengobatan body & mind cleansing system, menjelaskan bahwa untuk kepentingan detoks, air yang boleh diminum harus bebas dari bau dan tidak mengandung zat polutan seperti logam berat dan zat kimia seperti kaporit atau tawas. “Minum air yang mengandung zat seperti itu justru akan membuat tubuh menjadi terbebani,” katanya.

Penuh Polutan
Air seperti apa yang paling baik bagi tubuh? Menurut Dr. Sukarliono, pengembang terapi yang terdiri dari terapi cuci usus, pemberian nutrisi tambahan, serta pembersihan perekaman pola pikir negatif, berdasarkan hasil penelitian, mineral yang ada pada air bersifat nonorganik. Artinya, kandungan mineral itu tak dapat diserap tubuh, sehingga harus dibuang. Apalagi lingkungan sekarang banyak yang tercemar.

Kondisi ini jelas berbeda dengan air di masa lalu. Zaman dulu, air yang mengalir dari hulu memang mengandung mineral. Namun, karena alam masih bersih, saat mengalir itu air menjadi kaya akan oksigen. Bandingkan dengan saat ini. Air begitu kaya polutan. Itu terjadi karena alam semakin tercemar dengan zat-zat polutan. Air yang mengalir dari gunung pun sudah mulai tercemar, demikian juga sumber air yang berasal dari air hujan.

Kondisi air tanah juga tidak berbeda. Hasilnya, satu-satunya pilihan yang aman adalah meminum air dalam kemasan. Beberapa air dalam kemasan memang menyehatkan, tetapi tidak semuanya dapat memberikan manfaat maksimal untuk program detoks. Dr. Karli menegaskan air tersebut harus diproses benar-benar alami. Artinya, selama perjalanan bawah tanah itu, air dibekali dengan dissolved oxygen yang menyebabkannya secara alamiah terasa ringan dan menyegarkan tanpa proses atau penyaringan tambahan atau penambahan unsur lainnya

Di pasaran, air kemasan jenis ini tidak banyak dan biasanya harganya sedikit lebih mahal. Evian misalnya, berani memberikan garansi tersebut karena setiap tetesannya melalui proses pembentukan selama 15 tahun melewati pasir alami yang telah lama dibentuk oleh alam. Lamanya waktu pembentukan air di pasir glasial inilah yang menjamin kesempurnaan komposisi dan kemurniannya.

Dr. Carmen Yahya, spesialis dokter olahraga dari KONI Pusat, menjelaskan bahwa sebenarnya yang terpenting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai langkah sederhana tetapi penting, yaitu minum air dalam jumlah cukup setiap hari akan menetralisasi dan membuang habis kadar racun dalam tubuh.

“Asupan air minum sedikitnya 1,5 liter sehari seharusnya dilakukan setiap orang. Bahkan, bagi mereka mereka yang punya masalah kesehatan seperti pola makan buruk dan tidak seimbang, kelebihan berat badan, serta beban rutinitas tinggi baik fisik maupun pikiran, perlu lebih banyak lagi,” paparnya, saat peluncuran program Evian Natural Detox, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dijelaskan, asupan air yang cukup juga penting karena zat ini menjadi mediator dan saluran dari reaksi kimia dalam tubuh. Bila air yang dikonsumsi sangat sedikit, reaksi yang terjadi dalam tubuh akan terganggu.

Lima Fungsi
Bagi tubuh, paling tidak ada lima fungsi air. Pertama, untuk menjaga kelembaban organ di dalam tubuh. Artinya, bila organ di dalam tubuh kekurangan air, bentuknya akan semakin mengempis akibat kehilangan kelembaban. Bukan hanya organ penting dalam tubuh, tetapi juga kulit sebagai pembungkusnya.

Kedua, untuk menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh mempunyai volume dan kekentalan yang cukup. Bila tubuh kurang cairan, darah dan getah bening akan menjadi kental karena cairan dalam darah dan getah bening disedot untuk kebutuhan dalam tubuh. Kalau sudah begitu, aliran darah tidak akan lancar karena sudah mengental.

Kondisi tersebut terutama menimpa mereka yang terbebani aktivitas fisik dan pikiran yang berisiko menimbulkan beban psikologis atau stres. Bahkan, yang paling berbahaya adalah jika aliran darah menuju ke otak tersendat gara-gara kurang minum air putih.

Ketiga, untuk mengatur suhu tubuh. Seseorang yang kekurangan air, suhu tubuhnya akan menjadi panas dan naik. Namun, bila konsumsi air dalam tubuh cukup, suhu tubuh pun akan normal.  Manfaat keempat, air minum dalam jumlah yang cukup banyak bakal mendorong terbuangnya racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Ya, air mampu membersihkan racun dalam tubuh lewat keringat, air seni, dan pernapasan.

Cairan yang keluar dari tubuh itu adalah racun. Saat kita hanya minum sedikit, air seni dan keringat pun akan sedikit. Itu artinya, racun dalam tubuh yang keluar juga menjadi sedikit. Nah, racun yang tidak keluar itu akan menumpuk dan meracuni organ-organ yang ada di tubuh. Akibatnya, kita akan mudah sakit dan tidak bugar.

Kelima, air yang dikonsumsi sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Bila tubuh kekurangan cairan, kulit akan menjadi kasar, berkerut, dan tidak segar alias cepat tua. Hal itu terjadi karena cairan yang ada dalam kulit menjadi hilang. Jadi, jangan pernah sepelekan konsumsi air 1,5 liter sehari. Pastikan garansi sehat dan bugar fisik maupun pikiran Anda dapatkan.

Langkah Mudah Detoks Alami
Sampai kini masih banyak orang yang tidak yakin bahwa air bisa dijadikan sarana penyembuhan. Padahal, menurut Prof. S. Periasamy DIM dan D. ACC. Bohiraj Vedante Maharish Charity dari Kantha Health And Research Centre, Karur, India, berbagai keluhan semisal sakit kepala, asma, darah tinggi, kencing manis, penyakit mata, rematik, batu ginjal, haid tidak teratur, kegemukan, leukemia, batuk, radang tenggorok, sembelit, dan lain-lain bisa sembuh dengan terapi air.

Bagaimana air bekerja sehingga bisa menyehatkan tubuh? Menurut keyakinan dari India tersebut, minum air biasa dengan metode yang benar bisa memurnikan tubuh manusia. Saat tubuh digelontor banyak air, usus besar bekerja lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises.

Dalam proses mucousal fold (proses penghancuran bahan yang masuk pencernaan), usus besar dan usus kecil diaktifkan. Demikian juga darah segar yang baru juga diproduksi oleh mucousal fold pada saat gelontoran air terjadi. Mekanisme ini bisa membersihkan usus. Dengan usus bersih, gizi makanan mudah diserap.

Gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal paling penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan. Karena itu, air hendaknya dikonsumsi secara teratur.

Berikut langkah mudah detoksasi alami:
* Minumlah air. Pada awalnya mungkin terasa sulit minum 1,5 liter air sehari. Mulailah dengan minum empat gelas dulu, diminum dua gelas. Lalu, yang dua gelas lagi diminum dua menit kemudian. Awalnya Anda akan buang air kecil dua sampai tiga kali dalam satu jam, tetapi setelah beberapa lama, akan normal kembali. Jika perlu, pilihlah jenis air dalam kemasan yang memiliki kandungan mineral cukup untuk tubuh.

* Perubahan diet. Untuk membuang seluruh sisa racun tentu tak cukup dengan asupan air yang cukup, tetapi perlu perubahan diet dengan fokus pada bahan makanan yang lebih alami. Makanan instan pasti mengandung bahan kimia dan pengawet yang tidak seharusnya berada dalam tubuh. Kebanyakan dari jenis makanan tersebut tidak mengandung nilai nutrisi sama sekali.
Sebagai pilihan diet untuk mereka yang kelebihan berat badan, konsumsi air putih harus ditambah satu gelas setiap 11 kg kelebihan berat badan. Contohnya tinggi badan Anda 160 cm, kalau dikurangi 110, berat badan ideal 50 kg. Nah, karena overweight, berat badan sekitar 75 kg. Artinya, Anda kelebihan 25 kg. Kalau mengikuti aturan minum air putih tadi, Anda seharusnya minum paling sedikit 10 gelas (8 ditambah 2) air putih dalam sehari.

* Tidur cukup. Sebagian besar orang membutuhkan tidur 6 – 8 jam sehari tiap malamnya, untuk memberikan kesempatan bagi tubuh beristirahat dan segar kembali. Jadi, cobalah tidur lebih awal beberapa kali dalam seminggu. Ingatlah untuk minum segelas air sebelum dan sesudah bangun tidur.

* Perawatan kulit. Ketika Anda lalai merawat tubuh, kulit akan menunjukkan akibatnya. Dengan detoksifikasi, kulit akan kembali sehat, sehingga tampak lebih bersinar dan segar. Sesekali, untuk menghasilkan kulit wajah yang lebih “wah”, semprotkan bahan pelembab. Hal ini akan menstimulasi aliran darah ke wajah

* Olahraga teratur. Berolahraga akan membantu tubuh Anda berada dalam kondisi siap “perang” terhadap penyakit dan tentu saja akan membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukan olahraga sesuai kemampuan. Sesuaikan takaran latihan dengan kemampuan fisik Anda.

Written by oxycjdw1

Agustus 19, 2008 pada 3:13 pm

Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: