Seputar Air

Dapatkan artikel dan tips menarik seputar air dan kesehatan untuk seluruh keluarga Anda

Minum Soda? Pikir-Pikir Dulu Deh!

leave a comment »

Cuaca panas seperti sekarang paling enak memang minum segelas soda dingin. Kerongkongan yang kering langsung terasa segar. Tapi, selama ini banyak rumor yang menyebutkan minuman bersoda bahaya untuk kesehatan, terutama tulang. Bisakah rumor itu dipertanggungjawabkan? Jawabannya, “mungkin”. Joyce Hendley, kontributor Eating Well Media Group, membeberkan tiga alasan mengapa Anda perlu pikir-pikir lagi sebelum menenggak sekaleng soda.

1. Soda Sebabkan Tulang Rapuh
Ada sejumlah penelitian yang mengaitkan minuman soda dengan tulang rapuh. Tapi ini bukanlah hal yang perlu ditakutkan. Pasalnya, banyak makanan yang bisa meningkatkan kekuatan tulang.

2. Tinggi Kandungan Kafeinnya
Selain kafein, minuman soda juga mengandung zat-zat aditif lainnya. Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Creighton University, Nebraska, AS, tahun 2001, ditemukan jumlah kalsium dalam tubuh akan berkurang setelah mengonsumsi minuman berkarbonasi yang memang tinggi kafeinnya.

Sebuah studi di tahun 2006 juga menyatakan, wanita yang mengonsumsi minuman soda tiga kali dalam seminggu selama bertahun-tahun memang memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibanding dengan mereka yang lebih banyak minum air putih.

3. Mengandung Gula
Dibandingkan dengan minuman lain, minuman bersoda mengandung paling banyak gula. Dalam sekaleng soda terkandung sedikitnya sembilan sendok teh gula. Padahal, kebutuhan gula dalam tubuh kita tak boleh lebih dari empat sendok teh per hari. Bayangkan jika Anda minum minuman bersoda tiga kali dalam sehari!

http://www.kompas.com

Written by oxycjdw1

Agustus 19, 2008 pada 3:18 pm

Ditulis dalam Air Minum, Kesehatan

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: