Seputar Air

Dapatkan artikel dan tips menarik seputar air dan kesehatan untuk seluruh keluarga Anda

Baikah Minum Air Siap Saji?

leave a comment »

Bukan hanya makanan saja kini yang siap saji, namun kini minuman juga bisa disiapkan dalam waktu singkat, artinya tanpa melalui suatu proses yang melibatkan tenaga manusia dan memakan waktu (kegiatan memasak air).Dengan teknologi Reverse Osmosis (RO), air yang dihasilkan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan air yang dihasilkan melalui proses tradisional (memasak air). Mungkin berbeda dengan halnya makanan siap saji dimana mempunyai kualitas yang buruk dibandingkan makanan yang melalui proses sebagaimana mestinya.

Teknologi RO bukan merupakan teknologi baru, karena teknologi tersebut sudah diperkenalkan beberapa puluh tahun yang lalu. Namun masih tergolong teknologi terkini dalam menghasilkan air murni.

Ada banyak teknik pengolahan air, namun hanya kehadiran teknologi RO yang banyak menimbulkan pro dan kontra. Meski demikian, tiap tahunnya selalu bertambah dengan banyak ditemuinya merk-merk baru yang muncul dipasaran, yang mengusung teknologi RO tersebut.

Teknologi RO dalam proses pemurniannya melalui beberapa tahapan penyaringan sehingga menghasilkan kualitas air yang terbaik, dengan berbagai fungsi filterisasi. Silakan baca pada bagian lain yang membahas tentang teknologi Reverse Osmosis.

Lalu dimana letak pro dan kontra yang dimaksud?, yaitu seputar kandungan mineral yang hilang dalam proses reverse osmosis. Beberapa statement dibawah ini yang menjadi perdebatan.

Kontra

Tidak terbuktinya tes yang dilakukan menggunakan elektrolisa air bahwa air yang keruh (hasil elektrolisa) adalah air yang kotor yang membahyakan bagi tubuh.

Penjabarannya demikian, air bukan penghantar listrik yang baik, akan tetapi air menjadi penghantar listrik yang jauh lebih baik jika didalam air tersebut mengandung unsur mineral seperti magnesium dan kalsium sehingga jika dicelupkan electric precipitator maka arus listrik dapat mengalir dalam air tersebut dan terjadilah peristiwa elektrolisa yang efeknya akan menimbulkan kekeruhan pada air, sehingga tampak seperti kotoran.

Pengujian lainnya, dalam segelas air putih bersih tuangkan garam satu sendok teh, lalu lakukan proses seperti diatas, maka akan terjadi elektrolisa dimana air tersebut akan menjadi keruh. Apakah lantas Anda berpikir bahwa garam adalah zat yang membahayakan bagi tubuh? Bukankah didalam garam ada mineral diantaranya yodium?.

Kontra

Air zam-zam tidak dapat dites dengan menggunakan elektrolisa air, yang memungkinkan runtuhnya teori yang diusung RO yaitu bahwa air yang keruh memiliki banyak polutan beracun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kenyataannya air zam-zam adalah air yang banyak mengandung mineral yang baik bagi tubuh.

Pro

Bagaimana mungkin manusia yang lemah ini dapat dengan sombongnya menguji air zam-zam dimana kita tahu keberadaanya saja merupakan berkah dan karunia tersendiri bagi umat manusia, yang tidak dapat dipikir menggunakan logika bagaimana mungkin didaerah padang pasir terdapat sumber mata air yang tidak pernah kering.

Mungkin sama halnya dengan kita adalah keturunan nabi Adam as, yang akan meruntuhkan teori Darwin tentang asal usul manusia.

Kontra

“Air RO memungkinkan hilangnya beberapa mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena alat tersebut menyaring semua zat telarut yang masuk baik itu kontaminan beracun yang membahayakan tubuh maupun mineral tertentu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga air yang dihasilkan berupa air murni yang tidak mempunyai kandungan mineral apapun juga”.

Dan karena mineral tidak dihasilkan atau diproduksi oleh tubuh melainkan didatangkan dari luar tubuh, sehingga bagian tubuh yang yang membutuhkan mineral tertentu akan mengambilnya (mineral) dari bagian tubuh yang lain.

Pro

Membran reverse osmosis memang akan memfilter semua partikel yang berukuran lebih besar dari 1/10000 micron tanpa menanyakan ’status’ partikel tersebut apakah sebagai polutan yang beracun ataukah mineral yang bermanfaat.

“Tubuh kita memerlukan 19 mineral organik yang didapatkan dari hewan dan tumbuhan. Sedangkan mineral anorganik (yang berasal dari air tanah) tidak dapat dimanfaatkan tubuh dan hanya membahayakan kesehatan.” – Paul Bragg, Ph.D, penulis buku “Water, The Shocking Truth.”

Pro

“Sekitar 2,3 milyar orang menderita berbagai penyakit yang disebabkan oleh air yang tidak bersih.” – Badan PBB UNESCO.

“Sayur dan buah-buahan adalah sumber utama mineral bagi tubuh kita.” (bukan air minum) – Badan PBB World Health Organization (WHO).

“Mineral mineral anorganik dalam air minum adalah penyebab banyak penyakit manusia.” – Dr. Charles Mayo, pendiri Mayo Clinic, rumah sakit teratas di USA.

“Ginjal tidak dapat bekerja bila sistim penyaringannya tersumbat oleh mineral anorganik.” – Dr. Allen E.Banik, penulis buku “Your Water And Your Health.”

“Mineral organik jauh lebih mudah diserap melalui usus dan lebih aktif dalam tubuh daripada mineral anorganik.” – Departemen Pertanian dan Makanan Pemerintah Kanada.

“Terus terang, kadar mineral dalam air minum tidak memberikan efek baik yang berarti bagi tubuh.” – Stephen Kay, International Bottled Water Association

Pro dan kontra ini akan terus berlanjut sesuai riset terkini seputar teknologi RO tersebut, apakah Anda mempunyai pendapat tertentu yang mendukung salah satunya atau mungkin menentang keduanya ? who knows ?

Written by oxycjdw1

Agustus 22, 2008 pada 2:12 pm

Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: